Gugah Kesenian Islam

BEJI – Selama ini kesenian Islam kurang begitu diperhatikan. Padahal, banyak yang perlu digali dan diaplikasikan untuk generasi muda Islam. Salah satu caranya, mengaplikasikan khazanah Islam secara riil.

Seperti yang diidekan Sekretaris PC GP Ansor Bangil Winaryo Sujoko. Misalnya, para pemuda tidak sekedar diajak membaca intisari Alquran. Namun, juga memahami cerita-cerita di balik Alquran dengan aplikasi langsung.

“Dengan cara teatrikal misalnya. Cerita yang ada dalam Alquran kan banyak. Ambil cerita Nabi Ibrahim, nabi Ismail atau yang lain. Oleh gurunya, para siswa diajak bermain peran. Dengan peran itu, mereka bisa memahami potensi cerita dalam Alquran itu secara utuh,” tegas ketua Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPP NU) ini.

Kenyataannya menurut Winaryo, selama ini banyak guru yang hanya mengajarkan pendidikan dan seni Islam secara tekstual. Belum sampai kontekstual. “Jadi, tidak sampai membekas di hati para generasi muslim,” tegasnya.

Winaryo sendiri mengaku sudah menulis beberapa intisari kesenian Islam yang aplikatif dalam sebuah buku. Seluruh isi buku itu sudah diserahkan ke salah satu percetakan di Surabaya.

Namun sayang, sejak ditulis beberapa tahun lalu, buku itu belum jadi sampai sekarang. “Buku itu juga bisa menjadi panduan buat para guru bagaimana melatih siswanya dalam bermain peran,” ceritanya.

Selama ini imbuhnya, belum ada pemikiran dari kaum muslim untuk menggali potensi generasi muda. Terutama, berdakwah yang menyenangkan dan dihayati oleh siswa.

Karena itu harus ada penataran pada guru dan pembimbingnya. Tujuannya agar para guru bisa membimbing anak didinya bermain peran.

“Dan ini penting. Kalau perlu kita datangkan pakar teatrikal untuk memahami konsep yang akan ditampilkan. Tidak harus dipanggung. Tapi, bermain peran seni Islam ini bisa diaplikasikan dalam pelajaran di sekolah-sekolah,” cetusnya. (day/hn)

radar bromo, Rabu, 20 Januari 2010

Iklan

2 Tanggapan

  1. Begitu indah dan kaya Indonesia ini, mari bersama kita lestarikan budaya kita,, salam kenal dari Pernikahan Adat Di Indonesia

  2. sangat kreatif dengan ide pemeranan seni dalam islam. karena baru kali ini saya mengetahuinya .tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: