761 Seniman Dapat Askes

Surabaya – Sebanyak 761 seniman di Provinsi Jawa Timur mendapatkan asuransi kesehatan (Askes). Ketua Departemen Komunikasi dan Informasi Dewan Kesenian Jatim, Yudiana Indriastuti, di Surabaya, Rabu, mengatakan, program tersebut sebagai tindak lanjut dari usulan Gubernur Jatim, Soekarwo, pada 9 September 2009. “Para seniman di Jatim sudah bisa menggunakan askes itu sejak Januari 2010 sebagaimana surat pemberitahuan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Nomor 440/236/101.5/2010,” paparnya.

Menurut dia, pelayanan kesehatan yang diberikan berupa pelayanan rujukan rawat jalan dan rawat inap kelas III di lima rumah sakit milik Pemprov Jatim dan sembilan unit pelaksana teknis Dinkes Jatim. Pada awalnya, Pemprov Jatim berencana memberikan askes bagi 500 seniman untuk tahap awal, dan sebagian sudah menerima secara simbolik pada 16 Oktober 2009. Namun realisasinya lebih dari itu, yakni 761 orang seniman Jatim. “Ini merupakan bukti keseriusan Pemprov Jatim dalam memperhatikan para seniman,” tutur Yudiana.

Beberapa rumah sakit di Jatim yang melayani askes, antara lain RSUD dr Soetomo Surabaya, RSUD dr Saiful Anwar Malang, RSUD dr Soedono Madiun, RSUD Haji Surabaya, RS Jiwa Menur Surabaya, RS Karang Tembok Surabaya, dan RS Paru Batu. Selain itu, RS Kusta Sumber Glagah Mojokerto, RS Paru Jember, BP4 Madiun, BP4 Pamekasan, RS Kusta Kota Kediri, dan BKMM Surabaya. “Di luar rumah sakit yang dirujuk di atas, asuransi kesehatan untuk para seniman ini belum dapat digunakan,” katanya.

Ia berharap, asuransi kesehatan ini bisa dipakai di semua rumah sakit di seluruh Jatim. “Dengan adanya askes ini, kami juga berharap para seniman di Jatim terus berkarya dan melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah,” ujar Yudiana.

antarajatim, Rabu, 10 Peb 2010  Penulis : M. Irfan Ilmie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: