Pagelaran Wayang Orang Sambut Hari Kebangkitan Nasional

Sembodro Larung

suarasurabaya.net| Pagelaran wayang orang dengan lakon Sembodro Larung, Rabu (19/05) digedung Cak Durasim, ternyata tidak sekedar nguri-uri kebudayaan tradisi asli negeri ini, tetapi lebih dari itu, untuk menyambut peringatan Hari kebangkitan Nasional 20 Mei.

HERI LENTHO Ketua penyelenggara pagelaran kepada suarasurabaya.net, menyampaikan itu Rabu (19/05) terkait dengan pementasan wayang orang yang memilih cerita tentang cinta buta sekaligus perilaku manusia yang hanya memperdulikan nafsu belaka.

“Cerita dan analogi yang ingin kami tampilkan memang secara tidak langsung menyoroti kehidupan manusia masa kini yang lebih mengutamakan nafsu. Dan dalam lakon Sembodro Larung itu sangat tercermin. Betapa Burisrawa sangat mengejar-ngejar cinta Sembodro, meskipun dia tahu Sembodro sudah bersuami,” terang HERI LENTHO pada suarasurabaya.net.

Jika dianalogikan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, maka kontekstual cerita Sembodro Larung yang tidak hanya berbicara tentang cinta menjadi sangat relevan. “Nafsu serakah manusia akhirnya menjerumuskan manusia itu sendiri. Tengok saja kasus-kasus korupsi yang melibatkan para petinggi negeri ini. Dan saat inilah kita harus bangkit dengan menggunakan hati,” tambah HERI LENTHO.

Pagelaran wayang orang yang secara keseluruhan dimainkan oleh para mahasiswa Unesa dan STKW Surabaya, serta sejumlah siswa dari beberapa sekolah diantaranya SMKN 9 Surabaya, Rabu (19/05) malam memang terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Antusiasme warga kota untuk menyaksikan tontonan itu cukup bagus untuk diacungi jempol.(tok)

Teks foto:
-Ketika Burisrawa merayu Sembodro dalam Sembodro Larung.
Foto: TOTOK suarasurabaya.net


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: