Lestarikan Budaya dengan Tari Kolosal

SAMBIKEREP – Sebuah suguhan kolosal kembali dipersembahkan Pakuwon Family & Golf Club (PGFC) yang bekerja sama dengan Project Art. Sebanyak 100 penari berkolaborasi menyuguhkan kesenian tradisional Indonesia malam ini (24/5). Mulai tari kecak, tari Sunda, sampai lenong Betawi.

Tidak hanya penari profesional, acara yang dihelat untuk memperingati ulang tahun kedelapan Project Art tersebut juga melibatkan 40 staf PGFC. Mereka berasal dari segala departemen. Mulai keamanan hingga sumber daya manusia (SDM). Karena belum berpengalaman, mereka diberi gerakan yang tidak terlalu sulit.

“Salah satu atraksinya adalah tari kecak. Karena butuh laki-laki banyak, kami melibatkan staf. Biar semua ikut, kami bikin wajib,” kata Ika Damajanti, public relation manager PGFC , lantas tersenyum. Selama sebulan, mereka berlatih untuk menampilkan tarian khas Bali tersebut.

Meski belum berpengalaman, mereka tidak kesulitan karena gerakannya relatif mudah. Hanya, mereka masih sering kebingungan untuk blocking. Misalnya, yang terlihat ketika latihan di Sports Hall PGFC kemarin sore (23/5). Beberapa kali Alamsyah Jo, club director PGFC yang juga menjadi koreografer, harus mengingatkan.

Menurut Hendra S.S., humas Project Art, kesenian tradisional Indonesia dipilih karena semakin sedikit orang yang mau mempelajari. Apalagi kesempatan untuk mempertunjukkannya secara luas juga tidak banyak. “Tapi, nanti kami sandingkan dengan tari modern. Biar orang tahu, seni tradisional Indonesia juga sama bagusnya,” katanya.

Selain memberikan suguhan kesenian tradisional, acara tersebut digunakan untuk menggalang dana. Rencananya, seluruh pendapatan disumbangkan kepada Yayasan Cinta Anak Bangsa. (any/c6/fid)

jawa pos, [ Senin, 24 Mei 2010 ]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: