Pasar Seni Lukis Indonesia Makin Meriah

Memasuki tahun keempat penyelenggaraan Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) makin meriah dengan tambahan acara-acara kesenian. Kalau selama ini hanya menampilkan stand-stand penjualan lukisan, kali ini disemarakkan dengan pementasan teater Populer dari Jakarta, workshop seni lukis, dan berbagai acara kesenian lainnya. PSLI dilangsungkan di Balai Pemuda Surabaya, tanggal 6-16 Mei 2011 akan dibuka oleh Menko Kesra Hatta Radjasa.

Teater Populer didirikan oleh Teguh Karya (alm) dan sekarang dipimpin oleh Slamet Rahardjo. Dalam pementasan tanggal 7 dan 8 Mei di Gedung Merah Putih nanti mementaskan dua lakon karya penulis Rusia, Anton Chekhov yaitu ‘Pinangan’ dan ‘Penagih Hutang, disutradarai oleh Slamet Rahardjo sendiri. Sementara di Galeri Surabaya selalu diisi acara musik dan kesenian lain selama PSLI berlangsung bekerjasama dengan Dewan Kesenian Jawa Timur.

Berturut-turut akan tampil mulai 9 Mei 2011 digelar musikalisasi puisi Pakarsajen Unair dan baca puisi Tengsoe Tjahjono. Berikutnya diisi Teater Kotak Lamongan. Ada tari R. Djoko Prakosa dan Aris Setiawan disusul selanjutnya lakon ‘Sebuah Taman Rahasia’ oleh Teater Institut Unesa dengan sutradara Dian Silaturahman. Pada 13 Mei ada ‘Musik Jajan Pasar’ karya Sugeng STKW. Menyusul Diskusi dan pembacaan puisi Sastra Etnik yang dipandegani Arieyoko KSMB Bojonegoro, dan terakhir 15 Mei, tampil Teater Sanggar Lentera Sumenep.

Pada tanggal yang sama yaitu 7-8, juga digelar pembacaan cerpen karya AS Laksana, sebagai pengantar diskusi tentang karya sastra ini, hadir seniman Arswendo Atmowiloto dan sineas Eros Djarot.

Sedangkan workshop seni lukis dilangsungkan tanggal 9 sore, dibuka oleh Menpora Andi Malarangeng, berlangsung sampai tanggal 12 Mei dengan narasumber Chris Dharmawan (Galleri Semarang), Masdibyo dan Chusin Setyadikara, serta Mozes Misdy dan akan didampingi oleh pelukis Ivan Hariyanto dan Sarwo Prasojo. (h)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: