G-Walk Festival 2001: Barong, Patrol dan Semanggi

Memasuki tahun kelima, G-Walk Festival Art and Food kali ini dimeriahkan oleh beragam acara yang apresiatif, menghibur dan sekaligus edukatif. Disamping menampilkan karya seni berkualitas dari para seniman, kesempatan juga diberikan pada pelajar dan mahasiswa. Festival Barong dan Patrol misalnya, adalah sebagian dari acara yang meramaikan festival di arena G-Walk CitraLand Surabaya, mulai tanggal 9 hingga 21 Juli 2011, setiap hari Sabtu dan Minggu, pukul 19.00-23.30.

Pembukaan festival dilaksanakan hari Sabtu, 9 Juli 2011, pukul 19.00. Pada kesempatan inilah berbagai kesenian yang berbasis pada seni Barong ditampilkan dalam sesi “Barong Festival”. Kesenian yang berasal dari negeri China ini sudah memasyarakat di Indonesia. Salah satu grup Barongsay dari Surabaya bakal pamer atraksi di pembukaan G-Walk ini. Atraksi yang demonstratif kesenian Barongsay ini disandingkan dengan kelompok musik-tari Barong dan Reog Kendang dari Tulungagung, Reog Ponorogo, Singo Ulung (Bondowoso), Barong (Banyuwangi), Barong (Bali), dengan kemeriahan Perkusi Lindu Sagere (Sumenep) yang gegap gempita.

Besok malamnya, Minggu, 10 Juli 2011, Pukul 19.00-23.30, giliran acara yang bernuansa edukatif, dengan title “Talent Parade”, yang menampilkan G-Walk HipHop Party, kelompok Paduan Suara (PS) dari SMPN 6 Surabaya, PS SMAN 6 Surabaya, PS Universitas Airlangga, serta kelompok Paduan Suara dari ITS Surabaya. Bintang tamu, SKJ Last Minute

Setelah jeda pada hari kerja, G-Walk Art and Food Festival dilanjutkan lagi hari Sabtu, pekan berikutnya, tanggal 16 Juli 2011, pukul 19.00-23.30. Kali ini giliran berbagai grup perkusi unjuk gigi dalam sesi acara yang dinamakan “Percussion Festival”. Mereka yang akan menampilkan kebolehannya adalah Grup Musik Perkusi dari Pamekasan, grup Perkusi dari Banyuwangi, dan disemarakkan oleh sajian Bagus Jazz.

Minggu kedua, 17 Juli 2011, Pukul 19.00-23.30, adalah sesi “Patrol Festival”. Baru kali pertama musik patrol ditampilkan dalam festival ini dalam bentuk kompetisi. Terbuka untuk umum, disediakan hadiah jutaan rupiah. Sebagai bintang tamu, dihadirkan para bidadari menawan yang tergabung dalam kelompok The Angels Percussion Jakarta.

Sebagaimana namanya, G-Walk Festival memang bukan hanya menampilkan beragam kesenian. Parade kuliner juga dijamin memanjakan pengunjung. Kali ini, digelar festival khusus makanan yang selama ini diklaim sebagai kuliner khas Surabaya yaitu semanggi, yang dikemas dalam acara bernama “Semanggi G-Walk Party”. Jangan lupakan pula, pada hari yang sama digelar Batik Solo Carnival.

Penutupan G-Walk Festival 2001 Art and Food, digelar hari Kamis, 21 Juli 2011, pukul 19.00-23.30, dengan sajian Surabaya Cross Culture. Kali ini beragam kesenian ditampilkan serentak, meliputi ansamble musik perkusi dan tari dengan bintang tamu seniman kelas internasional. Yang akan tampil diantaranya adalah Kramat Percussion Ansamble dalam sajian kolaborasi karnaval malam hari. Sebagaimana G-Walk Festival sebelumnya, kali ini juga diselenggarakan Foto Competition. (*)

Info lengkap, hubungi Heri Lentho: 081 851 2220

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: