Festival Ludruk Kabupaten Sidoarjo

Peserta festival saat pertemuan teknisSebanyak 10 (sepuluh) grup ludruk yang berada di Sidoarjo mengikuti Festival Ludruk yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), mulai Selasa-Kamis (22-24 November 2011) mulai pukul 19.00, di halaman Disparbudpora, Jl. Sultan Agung Sidoarjo.

Festival yang baru pertama kali diselenggarakan di Sidoarjo ini dimaksudkan untuk membangkitkan kejayaan ludruk Sidoarjo. Dari sekian banyak grup ludruk yang tercatat bermukim di Sidoarjo, berhasil dijaring sebanyak 10 grup. Itupun 6 (enam) diantaranya berdomisili di Kec. Balungbendo. Sementara secara perorangan banyak pelaku ludruk asal Sidoarjo yang bergabung dengan grup ludruk luar kota. Ludruk RRI Surabaya misalnya, mayoritas pemainnya adalah warga Sidoarjo.

Berangkat dari realitas lapangan seperti itulah maka disepakati bahwa grup ludruk peserta festival ini harus diikuti oleh warga Sidoarjo, minimal 70 persen, yang dibuktikan dengan mengumpulkan fotocopy KTP. Sedangkan sutradaranya mutlak harus warga kabupaten Sidoarjo.

Masing-masing peserta diberi batas waktu pementasan 60-90 menit termasuk persiapan. Kriteria penilaian meliputi tari Remo (wiraga, wirasa, wirama), lawak (dagelan) dan cerita atau lakon. Panitia melalui Dewan Pengamat akan memilih dan menetapkan 3 (tiga) penyaji unggulan, 3 (tiga) sutradara terbaik dan 3 (tiga) penari remo terbaik, kesemuanya non-rangking.

Setelah dilakukan undian, kesepuluh peserta festival ini kemudian dibagi dalam tiga hari penampilan. Pada hari pertama yang tampil adalah Ludruk Karya Jaya (Wonokalang, Sidoarjo), Delta Caraka (Anggaswangi, Sukodono), dan Warna Jaya (Suwelo, Balungbendo).

Hari kedua, Rabu, 23 November, tampil 4 (empat) grup, yaitu Ludruk Bintang Warna (Kedung Wonokerto, Prambon), Murni Wijaya (Candi Pari, Porong), Surya Buana (Singkalan, Balungbendo). Dan hari terakhir, Kamis, tersisa tiga grup yaitu: Ludruk Delta Budaya (Kemangsen, Balungbendo), Sumberjaya (Suwalo, Balungbendo) dan Sinar Wijaya (Kemuning, Tarik). (h)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: