Pergelaran Seni Kharisma Bumi Wali

Taman Budaya Jawa Timur (TBJT) kembali menggelar acara Gelar Seni Budaya (GSB) dalam bulan Maret 2012. Kali ini giliran menampilkan berbagai jenis kesenian dari Kabupaten Gresik, yang dikemas dalam tema “Kharisma Bumi Wali”, mulai Jumat malam, 16 Maret hingga minggu siang, 18 Maret 2012 di kompleks Taman Budaya Jatim, Jalan Gentengkali 85 Surabaya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim, Dr. H. Jarianto, MSi, menyatakan, bahwa GSB yang diselenggarakan rutin oleh TBJT ini dimaksudkan untuk pemberdayaan TBJT sebagai laboratorium seni budaya. Disamping itu juga untuk menarik minat berbagai kalangan untuk mengetahui lebih jauh mengenai potensi seni budaya daerah di kabupaten/kota Jawa Timur. GSB juga dimaksudkan untuk mempertemukan kalangan seniman sebagai pihak sellers dan pihak buyers dari kalangan pengunjung dalam kepentingan dunia usaha berbasis seni budaya.

Dalam konteks seperti itulah maka dalam GSB disajikan berbagai acara berupa pameran potensi daerah, pertunjukan kesenian, promosi pariwisata, kerajinan, bursa kuliner khas daerah, lomba qasidah sampai dengan senam areobik.

Pembukaan GSB ini dilakukan hari Jumat, pukul 19.00, dengan pergelaran Tari Lakuning, Tari Lilaning, Pencak Macan dan Okol. Keesokan harinya, Sabtu, mulai pukul 08.00 diramaikan dengan Lomba Qasidah Rebana Klasik. Malam harinya, diawali dengan pergelaran campursari dan pertunjukan wayang kulit Jawa Timuran dengan dalang Ki Supeno dan lakon Begawan Laku Sejati.

Hari terakhir, Minggu, 18 Maret, sudah dimulai pukul 07.00 dengan Lomba Senam Aerobik, disusul pergelaran Campursari dan Tari Rancak Santri. “Disediakan doorprize bagi peserta senam,” tambah Soekatno, SSn, Kepala UPT Taman Budaya Jatim.

Lomba Qasidah Rebana Klasik dilaksanakan Sabtu (17/3) pukul 08.00, terbagi dalam dua kelompok, Remaja Puteri (15-25 tahun) dan kelompok Dewasa Puteri (26-50 tahun), masing-masing kelompok terdiri dari 11 orang. Setiap grup menyajikan dua lagu, berbahasa Arab dan bahasa Indonesia. Juara I, II dan III mendapatkan hadiah trofi dan uang pembinaan. Pendaftaran ditutup 15 Maret, peserta harus daftar ulang, Sabtu, pukul 07.00 di tempat lomba.

Lomba Senam Aerobik, Minggu pukul 07.00, diikuti oleh kelompok yang terdiri dari 5 orang putra/putri/campuran dengan kriteria penilaian: Teknik gerak, kekompakan gerak, kecepatan mengikuti instruktur, stamina/daya tahan dan penampilan. Juara I, II dan III akan mendapatkan hadiah trofi dan uang pembinaan. Pendaftaran peserta sudah dibuka sampai dengan tanggal 17 Maret 2012 pada jam kerja, dengan contact person: Sapsiwi Widanarti, telp 031 5342128, 081 2329 3986. Peserta harus daftar ulang di tempat lomba hari Minggu, pukul 06.00 pagi, 18 Maret 2012. Disediakan makan dan minum gratis bagi seluruh peserta lomba. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: