Gelar Apresiasi Seni Pelajar dan Padang Rembulan

Sebanyak 50 sekolah di seluruh Jawa Timur bakal memamerkan kebolehan dalam unjuk karya kesenian di Taman Krida Budaya Jatim, Jl. Soekarno Hatta, Malang, tanggal 6-8 Juni 2012. Acara tahunan ini diselenggarakan oleh UPT Pendidikan dan Pengembangan Kesenian (Dikbangkes) Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dengan nama Apresiasi Seni bagi Peserta Didik dan Pendidik yang diikuti oleh Paguyuban Peminat Seni Tradisi (PPST) di sekolah. Pada hari terakhir, acara dilanjutkan dengan Gelar Seni Padang Rembulan yang diadakan sebulan sekali dengan tempat berpindah-pindah.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, DR. Harun, M.Si, menyatakan bahwa dengan adanya acara ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para pelajar unjuk kreasi dan kreativitas setelah melakukan latihan sekian lama. Dengan adanya PPST ini diharapkan para pelajar dapat mengenal dan mencintai serta mengembangkan seni tradisi sebagai pilar budaya bangsa. Dan yang tak kalah pentingnya, melalui seni tradisi dapat menjadi sarana pendidikan karakter bangsa.

Gelar Apresiasi Seni Pelajar itu menampilkan seni pertunjukan yang diikuti oleh semua sekolah yang sudah terdaftar sebagai anggota PPST Jatim. Hari pertama, Rabu, 6 Juni, disediakan bagi anggota PPST jenjang SD sebanyak 23 sekolah, keesokan harinya khusus SMP sebanyak 15 sekolah dan hari terakhir, Jum’at 8 Juni 2012 untuk jenjang SMA/SMK sebanyak 12 sekolah. Setiap hari acara dimulai pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Masing-masing jenjang sekolah akan dilakukan pengamatan oleh Tim Pengamat, yang akan memilih 5 (lima) Penyaji Terbaik Nonranking. Khusus untuk tingkatan SMA/SMK ditambah dengan kriteria Penata Musik Terbaik, Penata Tari Terbaik dan Sutradara Terbaik, masing-masing dipilih 3 (tiga) non-ranking.

Pada hari terakhir, 8 Juni, dilanjutkan dengan Gelar Seni Padang Rembulan yang menjadi program rutin bulanan UPT Dikbangkes Sekolah, kali ini juga dilangsungkan di Taman Krida Budaya Jatim kota Malang. Acara ini disemarakkan oleh penampilan tari dari PPST SMKN 1 Panji Kab. Situbondo, PPST Kota Malang dan penyajian tari dari Sanggar Tydif kota Surabaya. Sebagai acara puncak adalah penyajian Ludruk Pelajar Kota Malang yang akan membawakan lakon “Ember” (Main Belakang Rame-rame). Grup ludruk ini merupakan salah satu dari lima penyaji terbaik Festival Seni Pertunjukan Pelajar Jawa Timur tahun 2011 di Grand City Surabaya (*).

Contact Person:
• Eddy Brojo Waskito : HP – 0812 5931 5736
• Effie Wijayati : HP – 0813 5755 1063

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: