Ragam Kesenian Bojonegoro di Taman Budaya Jatim

Berbagai kesenian rakyat dan produk unggulan dari kabupaten Bojonegoro dipergelarkan di Taman Budaya Jawa Timur (TBJT), Jl Gentengkali 85 Surabaya, 15-17 Juni 2012. Gelar Seni Budaya (GSB) Daerah ini merupakan program rutin TBJT yang kali ini khusus menampilkan kesenian dari Bojonegoro dengan tema “Bumi Kahyangan Api” sebagaimana potensi wisata daerah tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, DR. H. Jarianto, M.Si, mengatakan, dengan adanya acara ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pelaku kesenian dan pariwisata dengan kalangan pengusaha, akademisi maupun masyarakat umum. “Ini adalah forum promosi bagi Bojonegoro untuk dapat menarik minat wisatawan ataupun peminat kesenian untuk datang ke Bojonegoro,” ujarnya. Namun demikian, tambah Jarianto, warga Surabaya asal Bojonegoro juga dapat memanfaatkannya sebagai acara kangen-kangenan sesama daerah asal.

Dimulai hari Jumat malam, musik Oklik dan Jaranan Elang Buana siap menyambut rombongan tamu. Ikut pula menjadi penerima tamu adalah remaja-remaja cantik yang terpilih menjadi duta wisata dengan predikat Kange dan Yune Bojonegoro. Secara formal, direncanakan acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Jatim dengan pemukulan Lesung. Dalam acara pembukaan tersebut, juga disajikan tarian Gambyong Srampat, Tari Thengul dan Tari Jaranan, diakhiri dengan pergelaran musik keroncong dan lawak.

Suguhan utama dalam acara ini adalah pergelaran ketoprak dengan lakon “Labet Kriyo Kusumo” yang disajikan Sabtu malam. Sementara pada hari yang sama sejak pagi sudah digelar acara berupa lomba mewarnai dan menggambar serta pergelaran Jaranan Elang Buana. Lomba ini terbuka untuk umum, disediakan hadiah menarik.

Dan seperti biasanya, masyarakat umum juga diberi kesemmpatan mengikuti lomba senam aerobik pada Minggu pagi. “Disediakan makan dan minum gratis bahkan juga banyak doorprize,” tambah Kepala UPT Taman Budaya Jatim, Sukatno, SSn, MM. Acara hari Minggu pagi ini diselingi dengan penyajian campursari dan pembagian doorprize. (*)

Informasi selengkapnya:

• Kartika Widyawati, SE.,MBA (Kepala Seksi Penyajian Seni dan Budaya) – HP. 081 330 675 999

• Sumber foto: ayuwulansary.blogspot.com

Satu Tanggapan

  1. it’s good…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: