“Jatim Art Now” Sambangi Bandung

Pameran seni rupa dari 37 seniman Jawa Timur dengan titel “Jatim Art Now (JAN)” digelar di Galeri Soemardja ITB, Bandung, 11 – 20 November 2102. Sebelumnya, rangkaian pameran keliling Jawa – Bali ini dilangsungkan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, bulan Juni yang lalu diikuti jauh lebih banyak seniman, yaitu 124 perupa. Kali ini memang lebih sedikit karena keterbatasan tempat. Menurut rencana, pameran dibuka Minggu malam oleh perupa yang juga dosen ITB, DR. Tisna Sanjaya.

Menurut Ivan Hariyanto, perupa yang juga ketua pameran JAN, gagasan pameran ini adalah untuk mengangkat potensi seni rupa Jawa Timur yang belum banyak dikenal publik secara luas. Selama ini para pelukis dari Jatim lebih banyak yang menjadi pemain tunggal untuk menapak kariernya. Namun sesungguhnya banyak perupa yang potensial dan tersebar di daerah-daerah namun tidak memiliki kesempatan, bahkan keberanian, untuk berpameran di forum yang lebih besar. Disamping itu, juga untuk menyambung tali silaturrahim dengan para perupa dari daerah-daerah lain.

Djuli Djatiprambudi, akademisi seni rupa dan ketua jurusan seni rupa FBS Unesa, dalam pengantarnya menyebutkan, bahwa seni rupa di Jatim seperti sebuah anomali dalam konteks seni rupa Indonesia. Pertumbuhan seni rupa di Jatim menyebar ke berbagai penjuru kabupaten atau kota. Sementara itu, dalam perkembangan mutakhir tata gaul seni rupa semakin susah hanya dibaca sebatas dinamika di tingkat lokal, tetapi perkembangannya menuju ke arah dinamika global. Seni rupa bukan hanya persoalan olah bentuk. Perupa bukan hanya bekerja dalam batas-batas artistik-estetik.

Dan untuk menyemarakkan pameran ini, tanggal 14 November digelar artis talk. Sementara beberapa nama perupa Jatim yang ikut pameran JAN di Bandung ini antara lain: Agus Koecink, Arifin Petruk, Auckie Ginting, Ben Wong, Bilaningsih HS, Chrisyanti Anggie, Elyeser, Faizin, Gatot Pujiarto, Hari Yong Condro, Jenny Lee, Katirin, Keo Budi Haryanto, Khusnul Bahri, Meirza Said, Obed Bima W, Sarwo Prasojo, Sigit Santosa, Sutjahjo Widodo, Sugiarso Widodo dan lain-lain. Tahun depan, JAN akan keliling pameran di Yogyakarta, Semarang dan Bali, terakhir di Surabaya. (*)

Satu Tanggapan

  1. sukses terus buat daerah jatim untuk pagelaran seni nya. regards🙂

    Pest Control

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: