Pertunjukan Kepahlawanan Wanita Tuban

Kabupaten Tuban memiliki seorang pahlawan wanita, Sri Huning namanya, puteri angkat penguasa Tuban, Adipati Ranggabumi. Ketika Raden Wiratmojo, putra kandung Adipati menikah dengan puteri Adipati Bojonegoro, tiba-tiba diserang oleh balatentara Adipati Endrokatong dari Lamongan lantaran cintanya ditolak. Sri Huning tampil membela kakaknya, dia maju perang melawan pasukan Endrokatong, hingga akhirnya gugur sebagai pahlawan.

Kisah kepahlawanan wanita dari Tuban itu disajikan dalam sebuah seni pertunjukan berjudul “Sri Huning Mustika Tuban”, di pendopo Taman Budaya Jawa Timur, Jl. Gentengkali 85 Surabaya, Jumat, 10 Mei 2013, pukul 19.00 WIB. Sajian ini merupakan rangkaian Gelar Seni Budaya Daerah (GSBD) Kabupaten Tuban, yang berlangsung 10-12 Mei 2013.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim, DR. H. Jarianto, M. Si, mengatakan bahwa acara rutin ini merupakan etalase dan sarana transaksi para pelaku pariwisata dan seni budaya. Karena dalam GSBD ini disajikan semua potensi senibudaya dan pariwisata Tuban dalam berbagai seni pertunjukan maupun pameran kerajinan, hasil kesenian dan produk unggulan. Bagi warga Tuban yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, dapat memanfaatkan acara ini sebagai ajang reuni dan silaturrahim.

Selain pertunjukan utama, GSBD Tuban ini juga menampilkan Tari Fatayat dan Tari Sekar Gading oleh Bina Seni Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kab. Tuban. Tari Fatayat merupakan karya yang bersumber dari akar nilai religi, tarian ini menggambarkan semangat para santri perempuan di daerah pesisir Tuban yang sedang berangkat mengaji dan belajar ilmu agama. Sedangkan Tari Sekar Gadhing merupakan karya yang mengangkat jenius lokal semangat perempuan menjadi sebuah gerak tari, tarian ini menggambarkan sosok perempuan yang memperjuangkan persamaan derajat dengan kaum pria demi harkat dan martabat kaum perempuan.

Bagi penggemar Tayub, kesempatan untuk njoget bareng dapat dilakukan hari Sabtu malam (11/5) dalam acara Langen Tayub yang memang menjadi salah satu ciri khas Kabupaten Tuban. Pagi harinya, digelar acara pendukung berupa Lomba Mewarnai, sedangkan Minggu pagi dilaksanakan Lomba Senam Aerobik. Semua lomba ini gratis, disediakan berbagai hadiah menarik, termasuk doorprize dan juga makan minum gratis bagi peserta lomba senam. (*)

Info selengkapnya:
Taman Budaya Jawa Timur
Telp: 031 534 2128

Download: http://www.brangwetan.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: