Surabaya Tuan Rumah Pekan Seni Pelajar Jatim

PSP Probolinggo 2011

PSP Probolinggo 2011

Kota Surabaya untuk ketiga kalinya menjadi tuan rumah Pekan Seni Pelajar (PSP) Jawa Timur yang melombakan 11 cabang kesenian, diikuti pelajar tingkat SD hingga SMA. Peserta lomba adalah siswa atau sekolah yang mewakili masing-masing kabupaten atau kota di Jatim. Mengingat PSP dilangsungkan 15-18 Juni mendatang, Kepala UPT Pendidikan dan Pengembangan Kesenian (Dikbangkes) Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Dra. Effie Wijayati, MM menghimbau peserta kab/kota secepatnya mencatatkan diri jenis lomba yang akan diikuti agar dapat dipersiapkan segala sesuatunya.

Menurut Effie, PSP kali pertama diselenggarakan tahun 2003 di Banyuwangi, setelah sebelumnya menggunakan nama Pekan Olahraga dan Seni (Porseni). Ajang rutin dua tahunan ini diselenggarakan berpindah-pindah sesuai dengan kota/kabupaten yang menjadi juara umum pada PSP sebelumnya. Selain kali ini, Kota Surabaya menjadi tuan rumah PSP tahun 2007 dan 2009. Sedangkan tuan rumah PSP tahun 2005 adalah Kota Madiun, tahun 2011 adalah Kota Probolinggo.

PSP nanti dijadwalkan akan dibuka Sabtu (15/6) pukul 14.00 WIB oleh Gubernur Jatim di halaman Balai Kota Surabaya “Taman Surya” yang dimeriahkan tari kolosal remo, paduan suara gabungan 200 siswa SMA se-Surabaya dan atraksi kolaborasi “Cahyaning Surya Majapahit ing Tlatah Ujung Galuh” yang dibawakan gabungan pelajar SD, SMP dan SMA se-Surabaya. Pembukaan dipungkasi dengan pelepasan Kirab Seni Budaya Pelajar se-Jatim dengan rute Taman Surya, Jalan Walikota Mustajab, Gentengkali, Tunjungan, Gubernur Suryo dan finish di Balai Pemuda.

Jenis-jenis kesenian yang dilombakan atau difestivalkan untuk siswa SD meliputi lomba lukis, patung, teater, samrah, tari, tetembangan, paduan suara dan lomba baca puisi. Tingkat SMP hampir sama dengan SD, kecuali menghapus lomba patung, sedangkan lomba lukis dikhususkan menjadi lomba lukis poster. Sementara tingkat SMA, sama dengan SMP, kecuali lomba desain poster diganti desain tekstil, dan lomba puisi diganti Festival Musikalisasi Puisi, festival Tetembangan diganti Festival Drama Tetembangan.

Sedangkan tempat penyelenggaraan lomba dilakukan menyebar di berbagai tempat, seperti kompleks Dikbangkes Sekolah Jalan Jagir Sidoresmo (aula Lantai 2 dan 3, lapangan tenis, Pendapa Sasana Budaya serta Gedung UPT Dikbangkes Sekolah, juga di Gedung Sabha Nugraha Dinas Pendidikan Provinsi Jatim (Jalan Gentengkali) auditorium SMK Negeri 5 (eks STM Pembangunan, Jl. Prof Dr Moestopo), dan Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya (Klampis Anom).

Informasi selengkapnya dapat menghubungi sekretariat umum PSP, Seksi Penyajian Kesenian Sekolah UPT Dikbangkes Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Jalan Jagir Sidoresmo V Surabaya, telp: 031 8438227 – 8490366. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: