SMAN 1 Jombang Juara Lomba Teater Tradisi

Jombang - 2SURABAYA: Teater “S” dari SMA Negeri 1 Jombang berhasil meraih penghargaan terbaik sebagai Juara Pertama Lomba Seni Teater Tradisi se-Jawa Timur 2014 yang diselenggarakan oleh UPT Pendidikan dan Kesenian Sekolah (Dikbangkes) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Lomba yang diikuti 19 peserta dari kabupaten/kota di Jatim itu berlangsung dua hari (10-11 Oktober) di Grand City Surabaya dalam arena Jatim Fair.

Membawakan lakon berjudul “Keblowok Bathok” grup ini juga menyabet gelar Sutradara Terbaik atas nama Fandi Ahmad, dan Pemeran Pria terbaik atas nama M. Achis Rizal MZR yang berperan sebagai tokoh yang juga bernama Acis. Meski bukan menjadi pemeran utama, kepiawaian Achis dianggap menunjukkan potensinya sebagai pemain berbakat. Grup yang juga meraih lebih dari satu gelar juga didapat oleh peserta dari Kabupaten Madiun, yang diwakili oleh Teater Galih dan Karawitan Ngesti Budoyo dari SMAN 1 Pilangkenceng. Membawakan lakon berjudul “Getun Keduwung”, Kabupaten Madiun dinyatakan berhak mendapatkan gelar Juara 3 (tiga) dan pemeran wanita terbaik atas nama Elsa Lestika yang membawakan peran sebagai Raminten.

Menurut pengamatan Dewan Juri, semua peserta memang sudah berhasil menyajikan pertunjukan yang di atas rata-rata, namun kebanyakan masih gagap menerjemahkan karakter teater tradisi. Mereka hanya memahami teater tradisi hanya dari sisi gamelan atas bahasa daerah setempat namun dalam dramaturgi dan penyampaiannya masih terasa sebagai teater modern. Nampaknya mereka tidak memiliki narasumber teater tradisi itu sendiri, diduga kuat mereka tidak pernah menonton teater tradisi. Yang kemudian muncul malah banyak yang meniru gaya-gaya seperti Opera van Java yang dipahami sebagai teater tradisi. Dengan demikian, maka ada kelompok teater yang bagus secara penampilan namun lantaran tidak berkarakter tradisi, maka gagal meraih kejuaraan. “Kemenangan yang diraih oleh Jombang lantaran mampu menampilkan teater tradisi ludruk yang kental,” ujar salah seorang anggota Dewan Juri, Henri Nurcahyo.

Dewan Juri terdiri dari R. Joko Prakosa, M.Sn, Henri Nurcahyo dan Hengki Kusuma, akhirnya menetapkan para pemenang selengkapnya sebagai berikut: Juara Pertama: Kabupaten Jombang Juara Kedua: Kabupaten Banyuwangi Juara Ketiga: Kabupaten Madiun Juara Harapan Satu: Kota Surabaya Juara Harapan Dua: Kabupaten Bojonegoro Juara Harapan Tiga: Kabupaten Tulungagung Sutradara Terbaik: Fandi Ahmad, Kabupaten Jombang. Pemeran Pria Terbaik: M. Achis Rizal MZR (Acis), Kabupaten Jombang Pemeran Wanita Terbaik: Elsa Lestika (Raminten). Penata Artistik Terbaik: Kabupaten Jember Penulis Naskah Terbaik: Ahmad Puji Laksana dari Kabupaten Sidoarjo. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: