Sendratari “Sang Guru” Membuka Pekan Seni Guru

SURABAYA: Sendratari kolosal “Sang Guru” membuka pelaksanaan Pekan Seni Guru (PSG) yang ketiga, malam ini, Jumat (14/11) di Amphiteater Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Kab. Pasuruan. Acara ini berlangsung hingga besok (15/11) yang terdiri dari Lomba Karya Seni Tari, Lomba Seni Pertunjukan Musik Tradisi, Lomba Musikalisasi Puisi dan Pameran Hasil Karya Guru dan Siswa.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan dan Pengembangan Kesenian (Dikbangkes) Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang menyelenggarakan PSG ini, pertama kali diselenggarakan di Pamekasan, menyusul yang kedua di Surabaya. “Diharapkan agenda ini dapat dilangsungkan dua tahun sekali, sebagaimana pelaksanaan Pekan Seni Pelajar (PSP),” ujar Kepala UPT Dikbangkes Sekolah, Effie Wijayatie, S.Sos, M.M.

Pertunjukan sendratari tersebut merupakan kolaborasi guru dan siswa dari kota Surabaya, Sidoarjo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Ponorogo dan Bangkalan. Sedangkan Agus Heri Sugianto, SPd dan Sabar, M.Sn, masing-masin bertindak sebagai sutradara dan penata musik.

Sebelum sendratari kolosal tersebut, disajikan Kolaborasi Musik Tradis oleh siswa-siwi SMAN 1 Pandaan, Pasuruan. Disamping itu juga digelar Tari Manembah sebagai tarian ucapan selamat datang oleh guru-guru kota Surabaya. PSG III ini dijadwalkan dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. Saifullah Yusuf.

Selain Pameran Lukisan yang diadakan di Taman Candra Wilwatikta, Lomba Karya Tari diadakan di Hotel Tretes Raya, Lomba Musikalisasi Puisi di Blessing Hills, Jl. Raya Grand Trawas Boulevard 8, sedangkan Lomba Seni Musik Tradisi diselenggarakan di Hotel Inna Tretes, Jl. Pesanggrahan 2 Prigen.

Peserta adalah kelompok guru sekolah yang masih aktif mengajar, baik guru yang berstatus PNS, Non PNS, jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA, SMK sederajat). (hnr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: