Jatim Raih 4 Prestasi di Parade Lagu Daerah

04JAKARTA: Meski belum beruntung menjadi Juara Umum atau Katagori Terbaik, Kelompok Musik yang dikirim atas nama Provinsi Jatim berhasil meraih 4 (tiga) penghargaan dalam Parade Lagu Daerah tingkat nasional di Sasana Langen Budaya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu malam (7/12). Acara tahunan yang diselenggarakan oleh TMII kali ini diikuti oleh 23 provinsi, masing-masing membawakan lagu daerahnya sendiri.

Dalam acara bertema “Gita Permata Nusantara” ini Provinsi Jawa Timur diwakili oleh grup musik dari Sumenep yang merupakan salah satu dari tiga grup terbaik dalam Festival Lagu Daerah tingkat Jatim, bulan Mei yang lalu. Lagu yang dibawakan tetap sama yaitu “Keraton Sumenep” namun dilakukan perombakan personal dan mendapat bimbingan dari supervisi yang ditunjuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur.

Dewan Juri yang terdiri dari Dwiki Darmawan, Trie Utami, Bens Leo, Suryantoro (ISI Surakarta) dan Joko Suryanto (TMII) menetapkan 10 Penyaji Unggulan nonrangking, 5 (lima) Pencipta lagu Unggulan, 5 (lima) Penata musik unggulan dan 5 (lima) Penyanyi Unggulan. Dari 4 (empat) katagori tersebut Jatim termasuk salah satu yang berhasil mendapatkannya.

Kemudian dari masing-masing katagori tersebut ditetapkan 1 (satu) peserta yang dinyatakan terbaik. Untuk Penyaji Terbaik berhasil diraih oleh peserta dari Kalimatan Barat, Pencipta Lagu Terbaik direbut Provinsi Banten, Penata Musik Terbaik didapatkan provinsi Papua, sedangkan karagori Penyanyi Terbaik diraih oleh provinsi Bengkulu. Dari kesemua katagori ini, kemudian dinyatakan yang berhak mendapatkan gelar Juara Umum dan Piala Bergilir adalah provinsi Banten. Dengan demikian provinsi Banten berhak menerima Piala Bergilir yang diserahkan oleh Provinsi Maluku sebagai Juara Umum tahun lalu.

Hasil selengkapnya adalah:
– 10 Penyaji Unggulan: Bali, Maluku, DIY, Kalbar (Terbaik), Kaltim, Papua, Jatim, Banten, Sumut, dan Jateng.
– 5 Pencipta Lagu Unggulan: Maluku, Papua, Jatim, Banten (Terbaik) dan Jateng
– 5 Penata Musik Unggulan: Kalbar, Papua (Terbaik), Jatim, Banten dan Jateng.
– 5 Penyanyi Unggulan: Kalbar, Papua, Jatim, Banten dan Bengkulu (Terbaik)
– Juara Umum: Provinsi Banten. (hnr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: