Ketoprak dan Tayub dari Tuban

Ilustrasi
SURABAYA: Tayub dari Tuban memang khas, namanya Sindiran. Bagi yang ingin merasakan keakraban dalam seni pergaulan ini bisa bergabung di Taman Budaya Jatim, Jl. Gentengkali 85 Surabaya, Sabtu malam (9/5). Malam sebelumnya, di tempat yang sama digelar pertunjukan Ketoprak. Acara ini merupakan rangkaian Gelar Seni Budaya Daerah (GSBD) Kabupaten Tuban dengan tema ”Bumi Wali Spirit of Harmony”.

Acara GSBD itu sendiri sudah dibuka sejak Jumat sore (8/5) dengan pameran potensi unggulan Tuban, sajian informasi pariwisata, karya seni dan kerajinan serta berbagai sajian kuliner. Kemudian setelah seremonial pembukaan, disajikan tarian Beksan Tirto Wening, yang mengambarkan tata laku manusia dalam memanjatkan doa kepada Yang Maha Kuasa agar mendapatkan keberkahan dan anugrah keselamatan.

Pada hari pertama itu, juga disajikan pertunjukan Tari Tenggor Rinonce, yaitu tarian mengenai perjalanan gadis desa di Tuban dalam meraih keinginannya untuk menjadi seorang seniwati Waranggono atau Sindir.
Dan akhirnya, sajian pamungkas Jum’at malam itu berupa pergelaran Ketoprak dengan lakon “Rangsang Tuban“. Pertunjukan ini mengisahkan mengenai balada cinta segitiga antara Warih Kusuma, Dewi Wresti dan Warso Kusumo dalam memperebutkan haknya dalam sebuah cinta dan asmara serta semangat untuk kembalinya Kadipaten Tuban.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur, Dr. H. Jarianto, MSi, menyatakan, bahwa acara yang merupakan agenda rutin UPT Taman Budaya Jawa Timur ini dimaksudkan untuk sarana unjuk potensi seni budaya dan pariwisata masing-masing daerah di Jawa Timur. Diharapkan para pelaku bisnis pariwisata dan pihak terkait dapat memanfaatkannya secara maksimal. Bahkan, tambah Jarianto, yang mau kangen-kangenan dengan sesama kerabat dari daerah yang sama juga dipersilahkan.

Hari kedua, pagi hari, di tempat yang sama diselenggarakan Lomba Fashion Show untuk para Ibu dan Anak usia 3 -7 tahun, disusul siang hari dengan pergelaran Band Sapta Pesona dan Pemutaran Informasi Produk Unggulan dan penayangan Selayang Pandang Kabupaten Tuban. Acara pamungkas GSBD ini ditutup dengan pergelaran Langen Tayub Tuban hingga menjelang larut malam. Tayuban ini merupakan sebuah beksan pergaulan yang berkembang di wilayah kabupaten Tuban yang sering digelar di acara hajatan sedekah bumi, manganan, petik laut, andongan, perayaan dan sebagainya yang akrab disebut Sindiran. (*)

Informasi: Taman Budaya Jawa Timur, telp: 031 5342128

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: