Seminar Nasional Budaya Nusantara UNIPA

03 - FBSURABAYA: Lembaga Pengkajian Budaya Nusantara – LPPM Universitas PGRI Surabaya (UNIPA) menyelenggarakan Seminar Nasional Budaya Nusantara (Senayantra) di kampus Unipa Jl. Dukuh Menanggal XII Surabaya, Kamis, 28 Mei 2015, mulai pukul 08.00 pagi. Seminar yang merupakan rangkaian Dies Natalis Unipa ke ini memilih tema “Pengembangan Budaya Nusantara Berbasis Industri Kreatif Menyambut Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”.

Pembicara dan topik yang akan dikemukakan adalah: Prof. Dr. Primadi Tabrani (ITB Bandung – “Budaya Nusantara dan Industri Kreatif”), Prof. Drs. Jakob Sumardjo (STSI Bandung – Produk Berkualitas yang Bermuatan Lokal: Produk yang Mampu Bersaing di Pangsa Pasar Dunia”, Prof. Dr. Anita Lie (Universitas Widya Mandala Surabaya).

Ketua Panitia Seminar, Dr. Ika Ismurdyahwati, menjelaskan bahwa panitia juga memberi kesempatan kepada peserta untuk menjadi pemakalah pendamping dan mempresentasikannya dalam seminar ini. Pendaftaran dibuka hingga tanggal 25 Mei 2015. Adapun beberapa subtema yang dapat dipilih adalah (1) Seni Tradisi berupa hasil-hasil budi daya di seluruh nusantara untuk kepentingan pengembangan konsep yang khas Indonesia menghadapi era masyarakat ekonomi Asean, (2) Memperkenalkan kepada generasi penerus untuk dapat ikut merawat dan menjaga juga mengembangkan berbagai budaya tradisi nusantara yang ditampilkan dalam bentuk produk-produk lokal berciri khas etnis yang berkualitas demi kemampuan bersaing dengan produk luar, (3) Problema ajang transaksi yang berciri khas nusantara yang tampil dalam bentuk sistem dan teknologi dalam industri kreatif yang siap menghadapi tantangan kesenjangan antara negara-negara Asean, (4) Problematika dalam menambah dan memperluas cakrawala wawasan tentang budaya nusantara, aspek ketenaga kerjaan yang juga harus mampu bersaing dalam lapangan kerja di berbagai bidang dalam era MEA.

Pendaftaran seminar dan keterangan lebih lengkap dapat menghubungi panitia Luqmanul Hakim, telp: 0856 4567 1919, Eka Kurnia Darisman: 0822 3103 7483. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: