Mantri Urusan Film Kartun Negri dan Swasta

002

Nama Wiryadi Dharmawan memang tidak banyak dikenal. Tapi sebutlah “Cak Waw”, maka dunia animasi akan mengenalnya sebagai jawara yang banyak merajai festival, banyak menggarap film kartun, dan berbagai event sejenis. Dia menyebut dirinya Mantri Animasi, yaitu Mantri Urusan Film Kartun Negri dan Swasta. Kali ini dia menjadi salah satu dari 15 seniman penerima Penghargaaan Gubernur Jatim 2015.

Sejak kecil sudah bercita-cita membuat film kartun, sementara orangtuanya menginginkan anak-anaknya supaya besok kalau gede jadi Dokter, Tentara, Polisi, Guru, dan jabatan-jabatan umum lainnya. Di tahun 80-an, ada serial Kartun pertama Indonesia, Si Huma. Ada satu episode bercerita mengenai cara membuat film kartun. Dari situlah Wiryadi kecil jadi tahu bagaimana membuatnya. Setelah lulus STM, setahun menganggur, pada 1994, terlibat dalam Production House bernama PT. INDEX, yang mencari pembuat film kartun. Inilah debutnya yang pertama, hingga menghasilkan Hela Heli Helo, film animasi pertama Indonesia dengan menggunakan unsur 3D, tayang di TPI.

Setelah resign setahun karena kuliah, bekerja disainer kover buku tulis di PT Tjiwi Kimia selama 4 tahun, mencuri waktu untuk bikin film kartun dengan komputer kantor. Setelah film kartun jadi, iseng-iseng diikutkan Hello;Fest v.02, dan menang.
002a
Wiryadi, dengan nama populer Cak Waw, semakin yakin dan memantapkan diri, bahwa film kartun adalah dunianya. Dia makin rajin mengikuti festival sampai mendapatkan projek-projek. Dari pengalaman dan banyak melihat, dia sadar, bahwa ini semua karena animasi! “Saya hanya mengikuti keinginannya. Karena animasi punya jiwa dan kebutuhan. Kebutuhan untuk tahu diri dan tahu tempat,” ujarnya.

Dalam perjalanan kariernya, pembuat komik Sita-Suta, ikon Superkids Indonesia itu meraih puncak prestasi ketika meraih Piala Citra dalam Festival Film Indonesia (FFI) genre animasi melalui Film “Sang Suporter”. Wawan pun menjadi animator pertama peraih penghargaan tertinggi untuk insan perfilman Indonesia.

Toh perjalanan masih banyak. Usianya masih muda, masih banyak puncak-puncak prestasi lain yang mampu direngkuhnya. Project paling barunya adalah, webseries animasi pertama di Indonesia.yang mengangkat tema hantu. Dan saat ini masih menjadi satu-satunya di Indonesia.

Prestasi itu bukan sebuah titik henti, sebagaimana yang menjadi keyakinannya, bahwa, “aku jadi makin tertantang buktiin kalau di Indonesia juga banyak karya-karya animasi yang bagus. Setelah Citra, sekarang waktunya bawa pulang piala dari ajang berlevel internasional. Animasi kita harus lebih maju. Semoga karya anak bangsa bisa mendunia, nggak cuma jadi kebanggaan Indonesia saja.” (hnr)

Nama lengkap : Wiryadi Dharmawan
Nama Populer : Wawan alias Cak Waw
Lahir : Surabaya, 18 November 1975
Alamat : Jemur Ngawinan I-39 Surabaya
Pendidikan Terakhir : STM jurusan Mesin Produksi, D-1 Desain Grafis STIKOM Surabaya (1995)
Pekerjaan : Animator freelance
Kontak : 0815 5370 1135
Situs : youtube/c/triohantucs
Aktivitas :
– Berbagai festival film animasi di Indonesia.
– 1994: Animator PT Index Surabaya, Film Kartun “Hela Heli Helo” (serial animasi 3 D pertama di Indonesia), 6 episode di TPI
– 2011: Head of animation dan sutradara DGMmaxinema, Malang – serial animasi Songgo Rubuh, tayang di MNC TV
– dll
Prestasi :
– 2005 : Juara 1 Festival Film Animasi Pendek “Hellofest vol 2”
– 2007 : Animasi Terbaik Sulas13 Fest
– 2007 : Juara 1 CAMS Award
– 2008 : Juara 2 Bumper Code Red Jhony Walker
– 2013 : Cerita Terbaik Anifest Jatim
– 2013 : Piala Citra Festival Film Indonesia genre animasi untuk film “Sang Suporter”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: