Dedikasi Achmad Fauzi (Almarhum) Sampai Akhir

achmad_fauzi_dk jatim
Belum lama duduk sebagai ketua umum Dewan Kesenian Jawa Timur (DK Jatim) untuk periode kedua, Fauzi jatuh sakit untuk beberapa lama. Masih berusaha aktif berkegiatan dalam kondisi sakit, menjalani terapi, toh akhirnya Bapak dua puteri ini terpilih bertemu denganNYA, dan dimakamkan di Sumenep, tanah kelahirannya. Maka penghargaan dari Gubernur Jatim yang diberikan saat peringatan HUT Provinsi Jatim Senin lalu (12/10) diterima oleh isterinya.

Pada mulanya, Fauzi dikenal sebagai penari dan koreografer yang memiliki akses bagus dengan jaringan kesenian internasional. Kelebihan ini merupakan hal yang langka bagi seniman Surabaya atau Jawa Timur. Fauzi banyak berkelana di luar negeri dalam berbagai festival dan event kesenian bergengsi. Dialah yang berperan mewarnai muatan seni budaya dalam sister city Surabaya atau sister province Jawa Timur dengan negara-negara lain.

Tak heran Fauzi menjadi koordinator dan penyaji Jawa Timur pada American Folklife Festival, USA (1991) dan menjadi satu-satunya putra Jawa Timur yang mewakili Kursus Koreografi Internasional di Amerika Serikat (1993). Kemudian, tahun 1997 dia menjadi fasilitator dan manajer karya Saiful Hadjar di PICA-WA dalam Artrage Festival Australia Barat. Tahun 1999 sebagai fasilitator 7 seniman Indonesia dengan Black Swan Theatre Australia Barat dalam The Year of Living Dangerously, Festival of Perth, serta menjadi delegasi Indonesia tahun 1996 dan 2002 pada Australian Performing Arts Mart, dan delegasi Indonesia pada Asian Arts Mart ke-1 di Singapore (2001). Selain itu, pada Festival Nusantara 2007 di Brisbane Powerhouse Australia, Fauzi sebagai penggagas dan co-producer.

Karyanya pernah dihadirkan di Pekan Koreografi Taman Ismal Marzuki (TIM) Jakarta (1992), American Dance Festival, Durham NC, USA, (1994) dan pada Artrage Festival Australia Barat (1996). Fauzi punya mimpi meletakkan segala potensi budaya dalam konstelasi peradaban dunia. Bahkan The New York Times (Dance Review: When Folk Idioms Are Retrieved, Studied And Made Modern-22 Juli 1994) pernah mencatat dan mempublikasikan gagasan Fauzi itu.

Fauzi terlibat aktif dalam perhelatan Festival Seni Surabaya (FSS) sejak tahun 1996 hingga 2008. Demikian pula di Festival Cak Durasim. Pada tahun 2010 dia menjadi Dewan Artistik FSS. Hingga kemudian, Fauzi menjajal untuk terjun dalam dunia politik melalui Partai Demokrat. Sayang usahanya menjadi anggota DPRD Jatim belum kesampaian dalam dua kali pemilihan umum legislatif (2009, 2014).

Selain kenangan indah atas jasa-jasa dan dedikasinya, Dewan Kesenian Jawa Timur, adalah warisan budayanya yang sangat berharga. (hnr)

Nama : Achmad Fauzi
Lahir : Pamekasan, 7 Nopember 1964, meninggal dunia 10 April 2015 .
Pendidikan : Sarjana Ekonomi
Alamat : Jl. Perum Delta Wedoro Indah Block Anthurium 2-7, Waru, Sidoarjo
E-mail : fozarts@yahoo.com
Aktivitas : Penari, Koreografer, Event Organizer.
Karya : ”Reng Lakek”, Graha Bhakti, Tim Jakarta (1992), ”Kampung Farmers at Midnight” American Dance Festival USA (1994), ”Upacara” Artrage Festival – Australia (1996).
Prestasi :
– Penyaji di American Folklife Festival, Smithsonian Foundation – USA (1991).
– International Choreographer Workshop, American Dance Festival (1993).
Organisasi :
– Ketua Biro Tari Dewan Kesenian Surabaya (1992-1996)
– Sekretaris Umum Dewan Kesenian Jawa Timur (1998-2003)
– Ketua Bidang Program Dewan Kesenian Jawa Timur (2003-2008)
– Ketua Umum Dewan Kesenian Jawa Timur (2008 – 2013)
– Ketua Umum Dewan Kesenian Jawa Timur (2014 – 2019)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: