Oong Fathorrochman: Menjadikan Manusia Seutuhnya

0
Salah satu dari 15 seniman penerima Penghargaan Gubernur Jatim 2015 adalah Oong Fathorrochman. Nama aslinya Fathorrochman Achmad, dikenal sebagai seniman Teater yang cukup lengkap. Selain menggagas dan sebagai kreator, juga melakukan pembinaan terhadap anak-anak hingga mampu menyelesaikan studinya. Oong terlahir tahun 1965 (50 tahun), namun raut wajahnya terlihat melebihi usianya. Aktivitas teater yang dilakukannya di Bengkel Teater Rendra menjadi bekal baginya untuk memberikan pemahaman mendasar berteater sehingga seseorang tidak saja mampu bermain, tetapi juga mampu menghadapi kenyataan hidup, bersikap positif, memiliki ketaatan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup.

Oong mendirikan dan mendorong berdirinya berbagai aktivitas teater. Salah satu yang monumental adalah Kebun Sanggar Bermain yang merupakan tempat semua kalangan seniman berkreasi. Sejumlah kelompok teater juga latihan di tempat ini. Oong bahkan menyediakan akomodasi dan kebutuhan lainnya agar setiap kelompok yang berkunjung dan berlatih di tempatnya bisa fokus dengan eksplorasi yang dilakukan.

Oong juga pernah diundang dalam kegiatan Festival Seni Surabaya (FSS) yang diselenggarakan di Taman Hiburan Surabaya (THR). Pada pementasan ini dimainkan oleh anak-anak. Kemampuan Oong untuk menjadikan anak-anak mandiri dan menguasai dirinya menunjukkan bahwa selain melatih teater, dia juga melatih memahami kehidupan melalui teater.

Selain itu juga terdapat Buku : Qasidah cinta, puisi dan prosa 2015 dan musikalisasi puisi : Damai. Featuring Charlie Van Houten. Oong juga menampilkan Puisi terbuka pada stasiun TV nasional 2011-2015. Di sinilah kelengkapan proses kreatif Oong sebagai seorang kreator yang mampu menyelami berbagai dimensi seni, dan tetap berada dalam khazanah teater yang diyakini. Puisi yang mengandung puji-pujian kini menjadi inspirasi bagi aktivitas berteaternya.
Karya-karyanya memiliki beberapa keistimewaan, diantaranya mampu mendorong anak-anak mengantisipasi kehidupan.
Ayah O'ong
Metode-metode berlatih Oong sangat berkaitan dengan eksplorasi alam yang mengutamakan terbentuknya manusia yang utuh dan menjadikan manusia memiliki kesadaran batin yang kuat. Lebih dari 60 anak telah dibinanya, bahkan beberapa diantaranya adalah almarhum ustad Uje, Musisi Opik, dan Charlie van Houten, serta beberapa lagi menjadi tempat untuk untuk melakukan dialog. Kerendahhatian dan ketekunannya telah membuat anak didiknya mampu menjadi manusia yang utuh dan memiliki kepercayaan yang tinggi.

Aktivitas berteater Oong kini mulai memasuki ranah TV dan Film. Suatu ranah kreatif yang didukung oleh aktivitas musikal dari anak didiknya seperti Opik dan Charlie van Houten. Oong semakin dikenal masyarakat luas ketika memerankan Ayah dalam perjalanan ustad Uje yang juga pernah menjadi anaknya di Kebun Sanggar Bermain Mumbulsari Jember. (hnr, autar)

Nama : Fathorrochman Achmad
TTL : Jember 28 April 1965
Pendidikan terakhir : IKIP PGRI Jember
Alamat : Jl. KH. Agus Salim 32 TPA Arrachman, Mumbulsari, Jember – 68174
Kontak : 0813 3692 3800
Riwayah Kesenian :
1. Anggota Bengkel Teater Rendra 1984-1987, 1990-1997
2. Mendirikan teater dinding IKIP PGRI Jember 1987-1990
3. Mendirikan teater Muntah Unmuh Jember 1987-1990
4. Mendirikan Teater Kebun Sanggar Bermain 1995-sekarang
5. Mendirikan KSB musik Percussion 2002-sekarang.
Naskah Teater :
Permainan kakek dan tuhan (1987), Stasiun purba (1988), Saat (1989), Muna (1994), Matahari (1994), O ada 24 jam (1994), Imi imi (1995), Hitam putih (1995), Anak anak mau bermain apa (1996), Ibrahim Khalilullah (1997), Jelang ’99 (1998), Bercinta dalam maya (2003), Kungkarak “nyanyian kaki bukit” (2010).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: