SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung Juara PPST

SMAN Kedungwaru Tulungagung

SMAN Kedungwaru Tulungagung

SURABAYA: Lomba Karya Seni Pertunjukan Siswa (LKSPS) Paguyuban Peminat Seni Tradisi (PPST) tingkat SMA/SMK/MA se-Jawa Timur dimenangkan oleh SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung dengan naskah berjudul “Condromowo”. Acara ini diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Pelatihan dan Pengembangan Seni (LPPS) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, di gedung Cak Durasim Taman Budaya Jawa Timur, Kamis siang hingga malam (12/5).

sman-geger-madiu

sman-geger-madiu

Pertunjukan yang sarat tari ini dimainkan oleh PPST Padepokan 54, mengisahkan perihal tradisi “manten kucing” yang menjadi upacara adat khas Tulungagung. Ia mampu menyisihkan 18 grup lainnya dari berbagai kota di Jatim, dengan catatan dua diantaranya mengundurkan diri. Dari jumlah tersebut, Kabupaten Mojokerto mengirimkan dua peserta, yaitu SMAN Bangsal dan SMAN 1 Trawas, demikian pula Tulungagung, SMAN 1 Kedungwaru dan SMKN 1 Tulungagung.
Acara ini sebetulnya merupakan tradisi yang diselenggarakan oleh UPT Pendidikan dan Pengembangan Kesenian Sekolah (Dikbangkes Sekolah) Dinas Pendidikan Provinsi Jatim. Namun sejak tahun ini UPT tersebut dihapus, dan di Disbudpar lahir UPT Baru dengan nama Laborarorium Pelatihan dan Pengembangan Kesenian, yang masih tetap dipimpin oleh Efie Widjajanti, S.Sos, MMPd, sebagai kepala UPT.

SMAN Dringu Probolinggo

SMAN Dringu Probolinggo


Acara yang sama juga diselenggarakan hari ini, Jum’at (13/5) di tempat yang sama untuk jenjang Sekolah Dasar (SD). Sedangkan jenjang SMP diselenggarakan hari Rabu depan (18/5). Dewan Pengamat untuk jenjang SMA ini terdiri dari: R. Djoko Prakosa (ketua merangkap anggota), Sabar, MSn, Drs. FY Darmono Saputra, DR. Robby Hidayat, MSn, Meimura dan Henri Nurcahyo.

Hasil selengkapnya adalah:
Juara 1 : SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung,
Juara 2 : SMAN 1 Geger Kab. Madiun,
Juara 3 : SMAN 1 Dringu, Kab. Probolinggo
Juara Harapan 1 : SMAN 1 Karangan, Kab. Trenggalek
Juara Harapan 2 : SMAN 1 Sutojayan, Kab. Blitar
Juara Harapan 3 : SMAK Baithani Tosari, Kab. Pasuruan
Penyaji Tari Unggulan : SMAN Bangsal Mojokerto
Penyaji Musik Unggulan : SMKN 12 Surabaya
Penyaji Teater/Sastra Unggulan : SMKN 1 Tulungagung. (hn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: