Orasi Budaya di GNI, PPLH dan Jalatunda


SURABAYA: Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur dengan cara menggelar acara yang dinamakan “Orasi Budaya” di Gedung Nasional Indonesia (GNI), Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Seloliman dan kawasan Candi Jalatunda. Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, akan menyampaikan orasi budaya di GNI hari Jum’at pagi (20/5).

Rangkaian acara yang diikuti oleh mahasiswa berbagai perguruan tinggi di se-Jatim ini dimulai di GNI dengan tabur bunga di makam Dr. Soetomo, pendiri Boedi Oetomo, organisasi pergerakan modern pertama di Indonesia. Setelah Gubernur Jatim menyampaikan Orasi Budaya dilanjutkan dengan Diskusi Kebangsaan dengan narasumber DR Joko Susanto dan DR Suko Widodo. Seluruh peserta kemudian berangkat menuju PPLH Seloliman Trawas.

Sesampainya di Seloliman, acara diawali dengan Srawung Budaya melalui pembacaan puisi untuk pemuda Indonesia yang disampaikan oleh Giryadi, Budi Palopo, Aming Aminudin, Laily dan Filesky. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai sejarah Jawa Timur yang dengan narasumber Taufik Rahzen. Pada malam harinya, para peserta akan menyampaikan orasi, dan ditutup oleh pertunjukan kesenian tradisional oleh Komunitas Kesenian Ony.

Pamungkas dari acara ini dilakukan Sabtu pagi (21/5) di kawasan patirtan Jalatunda berupa Ekslorasi dan Orasi Budaya yang disampaikan oleh arkeolog Dwi Cahyono dari Universitas Negeri Malang. (hnr)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: