Jatim Specta Night Carnival di Blitar

IMG20160730132554BLITAR: Kabupaten Blitar mendapat kehormatan menjadi tuan rumah pelaksanaan pawai budaya spektakuler berjuluk Jatim Specta Night Carnival, hari Sabtu (30/7) mulai pukul 19.00 hingga selesai. Keistimewaan pawai ini karena diselenggarakan malam hari sehingga tampil meriah karena menonjolkan pemanfaatan tatacahaya dari setiap peserta.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim, DR H. Jarianto, M.Si, mengatakan, pawai ini adalah yang ketiga kalinya setelah sebelumnya diselenggarakan di Ngawi dan Banyuwangi. Kali ini Disbudpar Jatim bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Blitar yang sekaligus untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Blitar ke 692 tanggal 5 Agustus mendatang.

Rute pawai dimulai dari Lapangan Kesatriyan hingga finish di depan kantor Bupati Blitar Jl. Kusumanegara, Kanigoro, yang baru ditempati sejak awal tahun ini.

Menurut catatan panitia, pawai diikuti sebanyak 27 peserta dari kota/kabupaten di seluruh Jatim, ditambah peserta tamu dari kabupaten Bantul DIY dan peserta dari Blitar sebagai tuan rumah. Terhadap dua peserta yang disebutkan terakhir ini tidak dilakukan penilaian. Sedangkan tema spesifik dalam pawai ini adalah merespon potensi Blitar sebagai tuan rumah yang kaya dengan candi atau situs cagar budaya.

Tim Juri yang akan menilai terdiri dari Arief Rofiq (STKW), Soekatno (Taman Budaya Jatim) dan Aris Setiawan (ISI Surakarta’). Mereka akan menilai aspek penampilan, orisinalitas dan keindahan kendaraan/kereta hias. Berdasarkan kriteria ini akan dipilih 3 Penyaji Terspecta, 10 Penyaji Terbaik, 10 Penyaji Unggulan, 4 Penyaji Harapan dan 5 Penyaji Kereta Hias/Kendaraan Terbaik.

Dalam sajian atraksi pembukaan ditampilkan tiga dalang anak-anak dengan tiga kelir bundar, konser karawitan anak-anak dari Blitar, tari dan lagu Mubeng Blitar, Tari Jatim Specta yg di dalamnya ada atraksi akrobatik
color guard. (hnr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: