Gratis, Workshop Seni Lukis untuk Pemuda

ilustrasi
SURABAYA: Untuk menyemarakkan penyelenggaraan Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) ke IX, dibuka kesempatan gratis bagi pemuda, usia 16-30 tahun untuk mengikuti Workshop Seni Lukis tanggal 9 – 11 Oktober (Minggu – Selasa) di Jx International (Jatim Expo), Jl. A. Yani Surabaya. Acara ini diselenggarakan oleh Sanggar Merah Putih bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia dan ArtLand.

Menurut penanggungjawab Workshop, Henri Nurcahyo, kegiatan semacam ini sudah pernah dilaksanakan tahun 2010 dalam even PSLI juga, diikuti 50 peserta, dilanjutkan dengan pameran (bursa) lukisan oleh 10 peserta terpilih pada even PSLI 2011 di Balai Pemuda. Pada tahun 2011, sebagian peserta workshop tersebut diberikan kesempatan untuk menjual bebas karya-karyanya dalam stand PSLI, dan ternyata mendapat sambutan yang menggembirakan.

Pada tahun 2014 dilakukan lagi workshop untuk angkatan kedua, dengan sasaran peserta yang berbeda, sebanyak 75 orang, namun tempat penyelenggaraan berpindah ke Jx International. Pada tahun 2015, acara yang sama diselenggarakan lagi dengan peserta khusus mahasiswa dan mendapat sambutan yang memuaskan

Mengingat antusiasme kalangan pemuda sangat bagus, maka kali ini acara serupa diulang lagi dengan menjangkau peserta yang lain lagi dan dilakukan perubahan agenda yang lebih baik. Workshop ini diselenggarakan dengan sedikit teori namun lebih banyak praktek bersama dan penugasan langsung dengan pendampingan oleh para perupa senior Surabaya, yaitu Ivan Hariyanto, Woro Indah Lestari dan Waluyohadi. Sedangkan pada awal acara diisi oleh pemaparan proses kreatif oleh perupa nasional dari Yogyakarta, Ivan Sagito dan Tomy Faisal Alim, perupa dari Jakarta.

Dengan tema “Seni Lukis Sebagai Aktivitas Ekonomi Kreatif bagi Generasi Muda “ kegiatan ini dimaksudkan untuk menyalurkan bakat seni lukis di kalangan generasi muda agar dapat berkembang dan memberikan manfaat kongkrit bagi kehidupannya; Menciptakan lapangan kerja alternatif bagi generasi muda; Menumbuhkan semangat kreatif dalam berkarya sehingga dapat menyemarakkan iklim seni lukis di negeri ini; dan memberikan nilai tambah bagi seni lukis sebagai salah satu cabang kesenian, menjadi ekonomi kreatif; serta menyemarakkan penyelenggaraan Pasar Seni Lukis Indonesia ( PSLI ) 2016

Jumlah peserta dibatasi hanya, 75 (tujuh puluh lima) orang, dengan syarat: Pemuda (perempuan atau laki-laki), berusia 16-30 tahun (harus melampirkan scan KTP); Memiliki ketrampilan dasar seni lukis (BUKAN awam dalam seni lukis); Terbuka untuk masyarakat umum asal memenuhi syarat dan lolos seleksi dari panitia.

Panitia menyediakan konsumsi selama workshop berlangsung; Seperangkat Cat AKRILIK, 1 (satu) buah kanvas dengan spanram ukuran 50×70 cm, serta disediakan easel (tripod untuk melukis); Tetapi peserta harus membawa alat lukis sendiri (kuas, palet dl); Membawa koran bekas untuk alas melukis; Bagi peserta yang menggunakan cat minyak, harus membawa cat sendiri. Pendaftaran ditutup manakala kuota sudah terpenuhi.

Pada akhir acara akan dilakukan pemberian Penghargaan bagi 3 (tiga) peserta dengan karya terbaik. Keterangan dan pendaftaran, sila hubungi: Panitia Workshop Seni Lukis Pemuda, dhi: Henri Nurcahyo, telp/WA: 0812 3100 832, email: henrnurcahyo@gmail.com. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: