DRAMATARI DAN TAYUB DARI NGANJUK

SURABAYA: Dramatari “Kidung Argojali” dan Langen Tayub dari Kabupaten Nganjuk disajikan dalam acara Gelar Seni Budaya Daerah (GSBD) di Taman Budaya Jawa Timur, Jl. Gentengkali 85 Surabaya Jumat-Sabtu (17/18 Februari). Bagi warga asal Nganjuk yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, inilah saatnya kangen-kangenan sambil menikmati kuliner khas Nganjuk. Demikian pula kalangan pelaku pariwisata budaya dapat memantau dan menikmati acara ini

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, DR. H. Jarianto, MSi, acara rutin GSBD dari Nganjuk ini adalah yang pertama kali diselenggarakan dalam tahun 2017 ini. Kabupaten Nganjuk termasuk daerah yang sering merespon acara yang diadakan bergilir dari daerah-daerah di Jawa Timur.

Dramatari “Kidung Argojali” berkisah mengenai Tumenggung Nadirto bersama para pengikutnya yang melakukan perlawanan terhadap Belanda. Hal ini dilakukan akibat Perjanjian Giyanti yang memecah-belah kekuatan Mataram menjadi dua. Tumenggung Nadirto kemudian mendirikan sebuah padepokan di Argojali sebagai tempat berlatih dan menggembleng diri para santri dan prajurit. Di tempat ini mereka menerima wejangan serta latihan ilmu kanuragan dari para Kyai dan sesepuh.

Hingga sekarang, wilayah di lereng Gunung Wilis di Dusun Salam Judeg, Desa Blongko Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk ini merupakan tempat yang dianggap sakral karena memiliki yoni yang kuat untuk kegiatan meditasi atau tafakur sebagai upaya mendekatkan diri kepada Tuhan.

Tema Argojali itu pula yang disuguhkan dalam bentuk lagu daerah yang disajikan pada hari yang sama (17/2), disamping persembahan tari “Momor Sambu” yang berkisah mengenai penyamaran Prajurit Diponegoro yang menyatu dengan rakyat jelata dengan penuh semangat. Makna kata Momor adalah Menyatu, sedangkan Sambu berarti menyamar.

Dalam rangkaian acara yang sama, hari kedua, Sabtu pagi sudah diawali dengan Lomba Melukis Celengan, disusul siang hari dengan pergelaran Jaranan dan acara dipungkasi malam hari dengan Langen Tayub Nganjuk yang sudah terkenal itu.
Selama dua hari dalam GSBD ini juga disajikan bazaar kuliner, produk unggulan dan informasi pariwisata Kabupaten Nganjuk.

Informasi, Taman Budaya Jawa Timur, telpon: 031 534 2128. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: