Gelar Wayang Orang Patria Loka dari Kota Blitar

dsc_7345-800x532
SURABAYA: Kelompok Wayang Orang Patria Loka dari Kota Blitar Sabtu malam ini (25/2) menggelar pertunjukan di Gedung Cak Durasim, Jalan Gentengkali 85 Surabaya dengan lakon “Jaladri Bendung”. Kisah ini merupakan lakon klasik dalam epik Ramayana, dimana disajikan pertentangan antara pihak angkara murka yang diwakili oleh Rahwana, dan sosok kebaikan oleh sosok Rama.

Bahwasanya kejahatan dan kebaikan, angkara dan laku utama merupakan dua energi yang selalu hadir dalam siklus kehidupan manusia. Kisah-kisah kepahlawanan dan keangkara-murkaan menjadi warna dalam sepanjang sejaran Cerita Ramayana yang telah berjalan melampaui ribuan abad, menjadi epos besar yang akan terus dikenang den diceritakan.
Ramawijaya sebagai simbol keutamaan dan Rahwana sebagai simbol keangkaraan menjadi ikon bagi sebagian besar negara-negara di dunia. Usaha Rama semata-mata ingin merebut Sinta dari tangan Rahwana lebih jauh harus dilihat sebagai campur tangan para dewa untuk menandingi kemaha-angkaraan Rahwana.

Keberhasilan Anoman memporakporandakan ibukota Alengka membuat Rahwana sangat sedih dan marah. Ditambah dengan saran yang bertubi-tubi dari Kumbakarna dan Wibisana untuk segera berdamai dengan Ramawijaya, membuah Rahwana semakin murka. Akhirnya Wibisana diusir dari Alengka dan Kumbakarna memilih meninggalkan istana untuk bertapa nendra. Wibisana memilih berpihak kepada Ramawijaya.

Pasukan rewanda terhalang oleh hamparan lautan luas yang mengelilingi negeri Alengka sehingga dengan nasihat Wibisana, Rama bertekad untuk membendung lautan. Kisah inilah yang diangkat dalam Gelar Wayang Orang dengan lakon Jaladri Bendung.

Pertunjukan ini disutradarai oleh Galih Robbinur, sedangkan Pimpinan Produksi : Nanda Setyo Utorno, SH, Penaskah: Y.P.Y Erwin, M.Pd; Penata Tari: Albert Yonatan, Agnes Dwi Valentina, Nifaul Rima Yanti; Penata Iringan: Bambang Sumitro; Penata Rias: Inosensius Retna Effendi; dan Penata Artistik : Andik Rudianto. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: