Celeng Srenggi dari Trenggalek


SURABAYA: Bayangkan ada binatang celeng (babi hutan) sebesar sapi atau kerbau, memangsa tanaman di sawah petani dengan sangat cepat dan rakus, tidak mempan dengan segala senjata tajam, sehingga petani kewalahan mengenyahkannya. Itulah Celeng Srenggi namanya, yang hidup dalam cerita rakyat Trenggalek, yang dipergelarkan dalam sebuah seni pertunjukan fragmen tari di Taman Budaya Jawa Timur, Jl. Gengtengkali 85 Surabaya, pada Jum’at malam (7/4). Acara ini merupakan rangkaian Gelar Seni Budaya Jawa Timur (GSBD) dengan tema “Trekah Trah Bumi Ageng Galek” yang dimulai Jum’at sore hingga Sabtu Malam (8/4).

Selain fragmen, tarian Bedhaya Tirta Wening mengawali GSBD ini, disusul pembukaan secara formal, penyajian tari “Widhi ing Karyo” dan lagu daerah “Ja’as Permai”. Bedhaya Tirta Wening adalah sebuah tarian yang terinspirasi dari ngalap berkah pada hari jadi Kota Trenggalek, 31 Agustus. Saat itu masyarakat mengambil air yang berasal dari tujuh sumber air dan sudah dibacakan mantra mantra oleh sesepuh. Mereka percaya bahwa air tersebut dapat memberikan berkah kebaikan pada siapa saja yang meminumnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, DR. H. Jarianto, M.Si menyatakan, bahwa acara rutin yang diselenggarakan oleh UPT Taman Budaya Jatim ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan pada setiap daerah di Jatim untuk memperkenalkan potensi pariwisata seni dan budayanya. Karena itu, selain pertunjukan kesenian, juga disajikan pameran produk unggulan, bazaar kuliner dan penayangan potensi pariwisata setempat.
Hari Sabtu, setelah diawali dengan Lomba Membuat Sandal Kreatif untuk anak PAUD/TK, siang harinya disajikan kesenian rakyat khas Trenggalek, yaitu Turangga Yaksa. Dan sebagai penutup, masyarakat dihibur dengan pergelaran Campursari Guyon Maton Madyo Laras “Panji Asmoro” hingga larut malam.

Informasi selengkapnya, hubungi Taman Budaya Jawa Timur, telp: 031 5342128. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: