Peningkatan Apresiasi Seni Tradisi PPST Jawa Timur


SURABAYA: Paguyuban Peminat Seni Tradisi (PPST) yang terdapat di 76 (tujuh puluh enam) Sekolah Dasar dan Menengah (SD, SMP, SMA) dari berbagai kota di Jatim melakukan unjuk karya seni dalam acara yang disebut “Peningkatan Apresiasi Pemberdayaan dan Pengembangan Seni Tradisi” di Gedung Kesenian Cak Durasim – Taman Budaya Jatim, Selasa-Kamis (3-5 Oktober).

Penampilan kemasan seni pertunjukan antar komunitas/kelompok ini bersifat kompetitif, dengan unsur tari, musik, teater dan sastra sebagai media kreativitas dalam bentuk sebuah pengemasan yang artistik dan bersumber kearifan lokal daerah. Acara “Apresiasi Seni” ini diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium, Pelatihan dan Pengembangan Kesenian (LPPK) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur.

Menurut Kepala UPT LPPK, Efie Widjajanti, MMPd, acara ini dimaksudkan untuk membina dan memberdayakan potensi seni di daerah, meningkatkan kreativitas, inovasi sekaligus memberikan wadah untuk berolah seni bagi kelompok/komunitas seni di daerah. Disamping itu juga untuk memberikan motivasi untuk melestarikan dan mengembangkan seni tradisi.

PPST adalah semacam sanggar atau kelompok peminat seni tradisi di lingkungan SD, SMP dan SMA atau yang sederajat, pada mulanya merupakan binaan Subdin Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur sejak tahun 2002. Menurut catatan terakhir, sudah terdapat 152 PPST yang terdiri dari tingkatan SD/MI sebanyak 46 sekolah, tingkat SMP/MTs sebanyak 61 sekolah, sedangkan tingkatan SMA/SMK/MA berjumlah 45 sekolah.

Dalam acara ini, pada hari pertama penampilan sudah dimulai sejak pukul 11.00, meski secara formal baru dilakukan pembukaan pukul 19.00 dengan penampilan Wushu Wanara Seta, Barongsai dan Remo Gagrag Anyar. Sebanyak 23 PPST SMAN dan SMKN menyajikan karya seni secara bergantian yang kemudian akan dinilai oleh Tim Pengamat yang terdiri dari R. Joko Prakosa, Sabar, MSn dan Meimura.

Pada hari kedua (4/10), giliran PPST katagori usia 13-15 tahun (tingkat SMP) sebanyak 29 PPST yang nantinya akan dinilai oleh Tim Pengamat yang terdiri dari R. Joko Prakosa, Joko Susilo dan FY Darmono. Sedangkan hari terakhir (5/10) diikuti oleh PPST katagori usia 7-12 tahun (tingkat SD) sebanyak 24 PPST dengan Tim Pengamat yang terdiri dari Sabar, MSn, Arif Hidayat, MPd, dan H. Parso Adiyanto. (hnr)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: