Sekartaji SMKN 1 Pacitan Juara Pertama PPST Jatim

1 – SMKN 1 Pacitan

SURABAYA: Membawakan lakon “Sekartaji – Sekartaji” Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Pacitan berhasil meraih Juara Pertama kompetisi seni pertunjukan antar SMA/SMK/MA se-Jawa Timur. Prestasi ini bahkan mampu mengungguli sekolah khusus kesenian, yaitu SMKN 12 Surabaya yang harus puas berada di urutan kedua.

Acara ini resminya bernama “Peningkatan Apresiasi Pemberdayaan dan Pengembangan Seni Tradisi” yang diikuti oleh Paguyuban Peminat Seni Tradisi (PPST) yang terdapat di 76 (tujuh puluh enam) Sekolah Dasar dan Menengah (SD, SMP, SMA) dari berbagai kota di Jatim. Hari pertama, Selasa (3/10) khusus PPST golongan usia 16-19 tahun atau tingkat SMA, disusul golongan usia SMP dan SD dua hari berikutnya berturut-turut.

2 – SMKN 12 Surabaya

Dilangsungkan di Gedung Kesenian Cak Durasim – Taman Budaya Jatim, acara ini diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium, Pelatihan dan Pengembangan Kesenian (LPPK) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur.

Menurut Kepala UPT LPPK, Efie Widjajanti, S.Sos, MMPd, acara ini merupakan kelanjutan program PPST yang dilahirkan sejak tahun 2002 ketika masih berada di bawah binaan Subdinas Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur. Catatan terakhir, sekarang ini sudah terdapat 152 PPST yang terdiri dari tingkatan SD/MI sebanyak 46 sekolah, tingkat SMP/MTs sebanyak 61 sekolah, sedangkan tingkatan SMA/SMK/MA berjumlah 45 sekolah.

3 – SMAN 1 Kesamben Blitar

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dibudpar) Provinsi Jawa Timur, DR. H. Jarianto, MSi, ketika membuka acara ini semalam mengharapkan, program ini diarahkan untuk menanamkan karakter budaya bangsa sejak dini. Karena itu diperlukan sikap jeli, teliti dan cinta dalam mengembangkan budaya lokal.

4 – SMKN 1 Tulungagung

Jarianto mencontohkan, boleh saja remaja Ngawi menguasai tari Banyuwangi misalnya, namun kalau mereka tidak bisa menari Orek-orek yang justru menjadi ciri khas dan kebanggaan kabupaten Ngawi, itu tidak betul. Karena itu, tambah Jarianto, tumbuh dan kembangkanlah budaya sendiri untuk mewarnai jatidiri budaya daerah, karena pasti ada potensi budaya yang tumbuh dan layak dikembangkan. Bukankah di provinsi Jatim ini ada beberapa sub-etnis yang bagus dan merupakan kekuatan serta ciri khas Jawa Timur.

5 – SMAN 1 Dringu Probolinggo

Untuk melaksanakan semua itu, “Memang harus disiplin, meski semula karena terpaksa. Acara seperti ini harus rutin dilakukan, harus terus berlanjut, harus kontinyu, lebih besar dan sempurna, tetapi juga harus ada target yang jelas. Tidak asal sukses karena banyak peserta saja,” tegasnya.

6 – SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung

 

 

Hasil Selengkapnya
Menurut pendaftaran, semula sebanyak 23 PPST usia 16-19 tahun yang berkompetisi pada hari pertama ini, namun ternyata tiga peserta diantaranya tidak hadir. Kedua puluh peserta tersebut kemudian dinilai oleh Tim Pengamat yang terdiri dari R. Joko Prakosa, MSn Sabar, MSn (keduanya dari STKW) dan Meimura dari Dewan Kesenian Jawa Timur.

Juara Pertama: SMKN 1 Pacitan, judul naskah “Sekartaji-Sekartaji”
Juara Kedua: SMKN 12 Surabaya, judul naskah “Badrika Durrasim”
Juara Ketiga: SMAN 1 Kesamben, Kab. Blitar, judul naskah “Godhaning Nala”
Juara Harapan Satu: SMKN 1 Tulungagung, judul naskah “Tutur Luhur”
Juara Harapan Dua: SMAN 1 Dringu, Kab. Probolinggo, judul naskah “Pesse”
Juara Harapan Tiga: SMAN 1 Kedungwaru, Tulungagung, judul naskah “Pandadaran Bonorowo”
Penyaji Tari Unggulan: SMK Adhikawacana Surabaya, dengan lakon “Gegayuh”
Penyaji Musik Unggulan: SMAN 1 Boyolangu, Tulungagung, dengan lakon “Kentrung Mbok Gimah”
Penyaji Sastra/Teater Unggulan: SMAN 1 Geger, Kab. Madiun, dengan lakon “Mantra Togog”
Naskah Unggulan: SMAN 1 Sutojayan, dengan lakon “Chandrawinata”. (hnr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: