Pelajar Delapan Provinsi Unjuk Kreasi Seni

SURABAYA: Kalangan pelajar dari 8 (delapan) provinsi saling unjuk potensi seni budaya daerah masing-masing dalam acara Duta Seni Pelajar (DSP) tanggal 18 – 20 Oktober 2017 di Surabaya. Selain menyajikan seni pertunjukan juga digelar sarasehan kebangsaan dengan pembicara Suko Widodo dan Adrian Perkasa , kunjungan ke Museum Mpu Tantular, Semburan Lumpur Lapindo dan Pusat Industri Tas dan Koper Tanggulangan, kemudian ditutup dengan menyaksikan drama kolosal dari Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Kamis malam (20/10).

Kepala UPT Laboratorium, Pelatihan dan Pengembangan Kesenian (LPPK) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, Effie Wijayanti, SSos, MPd, menjelaskan, Acara ini dimaksudkan untuk meningkatkan kecintaan, menambah wawasan dan pengetahuan keberagaman seni budaya bangsa dan serta menjalin kekerabatan, solidaritas dan persaudaraan antar generasi muda.

Kedelapan provinsi itu adalah Lampung, DKI, Banten, Jabar, Jateng, DIY, Jatim dan Bali. Provinsi jaringan Mitra Praja Utama (MPU). Dalam acara pembukaan yang dilangsungkan di Hotel Mercure Jalan Raya Darmo Surabaya Rabu malam (18/10) pukul 19.00 disajikan pertunjukan kesenian hasil kolaborasi semua kontingen.

Sementara tuan rumah mendahuluinya dengan sajian musik tradisi dari Banyuwangi yang pernah meraih gelar penyaji terbaik dan penghargaan khusus pada Konser Karawitan Muda Indonesia 2017 di Banten. Pertunjukan ini merupakan kolaborasi dari kota pelajar SMA Kediri, dengan total pemain sebanyak 50 orang. Acara pembukaan ini disemarakkan oleh bintang tamu Riski Febrian.

Hari kedua, Kamis (19/10) acara berpindah ke Gedung Cak Durasim Jalan Gentengkali 85 Surabaya dengan penampilan kreasi seni oleh kontingen dari masing-masing Provinsi. Pertunjukan ini dilangsungkan malam hari mulai pukul 19.00 yang kemudian dilakukan evaluasi dan apresiasi oleh pengamat seni dari Jawa Timur.

Duta Seni Pelajar lahir pada tahun 1999 melalui rapat Konsultasi Regional Pembangunan Wilayah B, Jawa dan Bali. Penyelenggaraannya dilakukan setahun sekali dengan tuan rumah yang bergantian dari anggota 8 provinsi. Pertama kali dimulai pada tahun 2000 di Provinsi Bali dengan peserta dari 7 provinsi yang terwadahi dalam Mitra Praja Utama (MPU) dengan anggota 10 provinsi termasuk Lampung, NTT dan NTB. Sementara Jawa Timur sendiri pernah menjadi tuan rumah pada tahun 2004, 2011 dan 2017 kali ini. (*)

Informasi:
– UPT LPPK, Jl. Embong Sawo 36 Surabaya, telp: 031 5473580

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: