Festival Kesenian di Prigi Bersama Guruh Sukarnoputra

SURABAYA: Ada yang berbeda dalam Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) kali ini karena disemarakkan oleh penampilan Guruh Sukarnoputra. Festival yang berlangsung di kawasan wisata Pantai Prigi ini dimulai Sabtu siang (21/10) hingga Minggu sore hari.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) DR. H. Jarianto, M.Si, menjelaskan, FKKS merupakan ajang unjuk kreativitas seni daerah di pesisir selatan provinsi Jawa Timur sebagai promosi seni budaya dan pariwisata. Sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2005, acara ini berlangsung rutin setiap tahun hingga menginjak tahun ke-13.

Sebanyak 8 (delapan) kabupaten yang bergantian secara berurutan menjadi tuan rumah FKKS ini adalah: Kab Blitar, Jember, Tulungagung, Banyuwangi, Trenggalek, Lumajang, Malang dan Pacitan. Dengan demikian tahun depan giliran Kabupaten Lumajang sebagai tuan rumah.

Acara dimulai dengan Parade Seni Jaranan dan devile 8 kabupaten, disusul penampilan peserta tuan rumah tahun 2018, yaitu Kabupaten Lumajang, dan dipungkasi dengan persembahan tari dari Guruh Sukarnoputra, Sabtu sore. Jenis-jenis Jaranan yang tampil adalah Jaranan Slining/Kencak Lumajang, Jaranan Buto Banyuwangi, Jaranan Dor Malang, Jaranan Breng Jember, Jaranan Senterewe Tulungagung, Jaranan Oglor Pacitan dan Turangga Yaksa Trenggalek.

Hari Minggu, dimulai pukul 14.00, digelar seni pertunjukan dari 8 daerah, yaitu Brigade Gong Kyai Pradah (Blitar), Jaranan Kuwal Rogopadmi (Jember), Sengkolo (Tulungagung), Rebut Pedhut (Banyuwangi), Turangga Yaksa (Trenggalek), Rokat (Lumajang), Palagan Jati (Malang) dan Pacitan.

Selama dua hari di kawasan wisata Pantai Prigi juga digelar pameran produk khas masing-masing kabupaten. (hnr)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: